KADAR IMAN ANDA


Matius 21:22  Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya." 

Kalau membaca ayat di atas hati siapa saja akan bersukacita. Bayangkan, minta apa saja akan dikabulkan Tuhan. Tapi benarkah demikian maksud ayat di atas??
Jawabannya "ya" ... bila doa yang dipanjatkan lahir dari iman, bukan dari keinginan mata, keinginan daging atau keangkuhan hidup semata.

Yakobus 5:15, "Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu ...."

1 Yohanes 2:16, "Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia."


Di dunia ini telah banyak doa yang gagal (tidak dikabulkan Tuhan), lantaran doa-doa tersebut melanggar prinsip di atas. Alkitab menyatakan sebagai doa yang salah (Yakobus 4:3). Sehubungan dengan doa & iman, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan:

@ Jangan berdoa berdasarkan iman yang kita 'bangun' sendiri, tapi berdasarkan iman yang berasal dari surga

@ Berdoalah dengan kadar iman yang penuh (100%). Perhatikan saja perkataan Yesus yang mengatakan, "penuh kepercayaan".

Bila kita ingin doa kita dijawab Tuhan, maka sangat mutlak kita memperhatikan jenis iman kita, dan juga kadar iman kita. Kedua hal tersebut tidak bisa diabaikan salah satu. Bisa saja sesorang telah memiliki iman dari surga, namun bila ia gagal menjaga kadar imannya tetap penuh (100%), imannya akan menyusut. Yang dimaksud Tuhan Yesus dengan kepercayaan yang penuh adalah, "percaya dan tidak bimbang".

Matius 21:21, Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! hal itu akan terjadi."

Dengan kata lain, bila kebimbangan berhasil masuk ke dalam hati, maka kadar iman kita sudah tidak lagi penuh. Dan kalau sudah begitu, jangan harap kita akan menerima jawaban doa kita. Simak baik-baik ayat berikut:

Yakobus 1:6,7, "Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin. Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan."

Menjaga hati tetap percaya adalah sesuatu yang harus kita lakukan sampai Tuhan menjawab doa kita. Kisah nyata dalam Markus 5:25-28 juga Matius 15:22-28 mengindikasikan hal itu.

Loading...
Share on Google Plus

About Yedija Prima

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment