PENAKLUK MASALAH


Pernahkah Anda berharap memiliki kehidupan tanpa masalah? Mungkin sekali pernah, dan jangan malu untuk mengakuinya karena Anda tidak sendiri. Bisa jadi, banyak orang juga berpikir demikian. Sayangnya, hal itu tidak mungkin, karena seperti yang diketahui & dialami semua orang, selama manusia masih hidup di dunia, masalah akan selalu ada. Bahkan orang yang kehidupannya benar di mata Tuhan pun menghadapi banyak masalah atau kemalangan (Mazmur 34:20a). Jadi, bila masalah akan selalu ada dalam hidup maka kita tidak punya pilihan kecuali menghadapi setiap masalah/ kesukaran dan 'mengalahkannya'.

Mazmur 34:20a, “Kemalangan orang benar banyak,” LAI

KRONOLOGI KEKALAHAN

Hosea 4:6, “Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; …”


Ayat ini dalam versi lain (King James Version) ditulis demikian: “My people are destroyed for lack of knowledge: …” (Umatku dihancurkan karena tanpa pengetahuan).

Berdasarkan ayat di atas, umat Tuhan bisa dihancurkan atau dikalahkan oleh masalah hanya bila mereka dalam keadaan tanpa pengetahuan/hikmat.
(Pada dasarnya ada sebuah kebenaran tentang umat Tuhan yang bahkan iblis juga mengetahuinya: umat Tuhan tidak mudah dikalahkan)


Kita tentu mengetahui kisah kemenangan Daud atas Goliath. Bisa jadi, Goliath si raksasa yang tingginya kurang lebih 3 meter adalah masalah besar yang dihadapi Daud. Dan secara fisik Daud sangatlah minim ‘modal’ untuk mengalahkan Goliath. Sementara itu seperti yang kita ketahui bersama, tentara Israel yang notabene disebut-sebut sebagai “pasukan dari Allah yang hidup” hanya bisa ketakutan dan gentar pada Goliath. Mungkin sebagian besar dari kita mengetahui bahwa penyebab utama kemenangan Daud adalah kuasa Roh Kudus. Hal itu memang benar, namun ada faktor lain yang mendukung kemenangan Daud. Dan salah satu faktor pendukung kemenangan Daud adalah: “pengetahuan atau hikmat yang benar”. Faktor inilah yang sangat membedakan Daud dari kebanyakan anggota pasukan Israel. Alkitab menyebutkan, Daud mengucapkan kalimat berikut pada Goliath:

1 Samuel 17:47, “bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan Tuhanlah pertempuran”.

Kalimat Daud menunjukkan pengetahuan/hikmat yang dimilikinya tentang hal kemenangan dalam pertempuran.

Pengkotbah 9:18, “Hikmat lebih baik dari pada alat-alat perang, …”

Hikmat yang benar menyebabkan Tuhan dan kuasanya dapat bekerja melalui Daud menumbangkan Goliath (bayangkan apa yang terjadi bila Daud tidak memiliki hikmat yang benar).
Dengan demikian kita ketahui, bahwa kronologi kekalahan umat Tuhan adalah sebagai berikut:

>> sebuah masalah datang >> umat Tuhan tidak memiliki pengetahuan/hikmat yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut >> umat Tuhan dikalahkan oleh masalah

> Masalah keuangan diatasi dengan hikmat tentang keuangan
> Masalah usaha diatasi dengan hikmat tentang usaha
> Masalah hutang diatasi dengan hikmat tentang hutang/pinjaman, dan seterusnya.

Bila Anda sedang dikalahkan oleh sebuah masalah, maka segeralah meluangkan waktu untuk mencari hikmat pada sang Sumber hikmat dan berdoalah minta hikmat kepada-Nya dengan penuh iman, dan menjadi seorang penakluk masalah.

Amsal 2:6, "Tuhanlah yang memberikan hikmat; dari Dialah manusia mendapat pengetahuan dan pengertian." IBIS

Yakobus 1:5, "Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah," LAI



Share on Google Plus

About Yedija Prima

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment