KEMENANGAN IBLIS


Yakobus 1:13, Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: "Pencobaan ini datang dari Allah!" Sebab Allah tidak dapat dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun

Matius 4:3, Lalu datanglah si pencoba itu dan berkata kepada-Nya: "Jika Engkau Anak Allah, perintahkanlah supaya batu-batu ini menjadi roti." 

Injil Matius menyatakan iblis adalah si pencoba!! Ia adalah pribadi yang selalu bernafsu mencobai umat Tuhan. Tapi sebaliknya, Tuhan bukanlah pencoba, Ia sama sekali tidak bernafsu mencobai manusia.



Pernahkah Anda bertanya dalam hati, "Pernahkah iblis memperoleh kemenangan?" Bila pertanyaan ini ditanyakan pada beberapa orang kristen, maka mungkin saja sebagian akan menjawab: "Tidak!" 
Iblis memang tidak pernah bisa mengalahkan Yesus. Setiap pencobaan yang ia lancarkan pada Yesus, tidak ada satupun yang berhasil. Tapi selama 'karirnya' sebagai 'pencoba' di muka bumi hingga saat ini, kenyataannya iblis pernah mengalami kemenangan ketika mencobai manusia selain Yesus, bahkan banyak kemenangan! Mengejutkan bukan?!!

Iblis pernah berhasil mencobai Hawa di taman Eden, atau berhasil mencobai Daud di atas sotoh istana (2 Samuel 11:2), juga berhasil mencobai Simson, hingga Simson menceritakan rahasia kekuatannya, dan akibatnya ia pun tak sanggup melawan ketika diringkus tentara Filistin (Hakim-hakim 16:16-21).
Saya tidak bermaksud memuji iblis, karena memang ia tidak layak dipuji. Tapi faktanya, beberapa contoh kemenangan iblis di atas, barulah 'secuil' kemenangan iblis yang ditulis di Alkitab. Bila Anda telah banyak/sering membaca Alkitab, Anda tentu akan membenarkan saya. Dan daftar kemenangan iblis atas umat Tuhan masih terus bertambah hingga kini. Mengapa? Karena selama masih ada di antara kita yang tidak belajar untuk makin tunduk pada Tuhan dan firman-Nya, selama itu pula iblis masih punya kesempatan untuk meraih kemenangan. 

Yakobus 4:7, "Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!" 

Kalau ada yang bertanya, "Kalau begitu, masih perlukah kita membaca kisah kemenangan iblis di Alkitab?" Jawabannya tentu saja, "Masih!" Karena dari kisah-kisah kemenangan iblis tersebut, kita akan mendapatkan peringatan sekaligus pelajaran bagaimana caranya tidak kalah dari pencobaan iblis.



Share on Google Plus

About Yedija Prima

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment