PERTUMBUHAN YANG TERHAMBAT


Orang Kristen yang normal adalah orang Kristen yang selalu bertumbuh secara rohani. Namun kenyataannya, tidak jarang kita temui orang Kristen yang terhambat pertumbuhan rohaninya. Masalahnya, iblis & setan-setan sangat suka keadaan seperti itu. Orang Kristen yang pertumbuhan rohaninya macet, tidak akan membuat iblis terganggu. Bahkan, doa orang Kristen yang demikian tidak menggentarkan iblis, karena seringkali doa-doa mereka tidak dapat merubah keadaan negatif menjadi positif. Akibatnya, iblis dapat dengan tenang dan lancar melakukan pekerjaannya.

Salah satu penyebab kemacetan pertumbuhan rohani adalah: pergaulan yang buruk. Pergaulan dengan orang-orang yang salah dapat merusakkan kebiasaan (gaya hidup) kita yang baik.

1 Korintus 15:33, "Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik."


Karenanya, kita harus memilih dengan siapa kita bergaul. Teman-teman dalam pergaulan dapat mempengaruhi keadaan rohani kita. Alkitab berkata:

Amsal 13:20, "Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang."

Dengan tegas Daud pun berkata, bahwa ia tidak mau bergaul dengan penipu, orang munafik dan orang fasik (Mazmur 26:4-5). Bila ingin mengalami pertumbuhan yang baik, maka Anda harus memilih secara tegas dengan siapa Anda bergaul. Di sisi lain, bergaul dengan orang yang tepat juga benar, dapat menentukan kemenangan dan keberhasilan kita di kemudian hari. (Daud adalah seorang 'pembunuh raksasa'. Dan siapa saja yang bergaul dengan Daud juga menjadi 'pembunuh raksasa'. Baca 2 Samuel 21:15-22, juga 1 Tawarikh 11:22-23.)

Pergaulan yang salah dapat menghambat pertumbuhan rohani kita. Dan tahukah Anda, kesuksesan pertumbuhan rohani kita juga akan menentukan sejauh mana kita mengalami kemenangan & keberhasilan dalam hidup.


Share on Google Plus

About Yedija Prima

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment