KAIN ... PENYEMBAH YANG TIDAK BENAR


Kejadian 4:3, "Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada TUHAN sebagai korban persembahan;"

Nampaknya, Kain, putra pertama Adam dan Hawa telah melakukan ibadah juga penyembahan yang baik pada Tuhan. Jadi seharusnya korban persembahan Kain diterima Tuhan.Tapi faktanya justeru sebaliknya, Tuhan menolak korban Kain. Pertanyaannya tentu saja, "Kenapa?" Bila kita membaca kisah Kain dan Habel dalam Kejadian 4:3-12, maka satu-satunya jawaban bisa kita temui di ayat berikut:

Kejadian 4:5, "tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. ..."


Penyebab mengapa Tuhan tidak mengindahkan korban Kain adalah karena Tuhan tidak mengindahkan Kain sebagai pribadi yang mempersembahkan korban. Nampaknya, pribadi si pemberi korban persembahan menentukan bagaimana korbannya. Dan memang ... Kain bukanlah orang yang hati dan prilakunya benar. Setelah ia mengetahui korbannya tidak diterima Tuhan, bukannya koreksi diri dan bertobat tapi malah menjadi sangat marah.

Kain bukanlah seorang penyembah yang benar. Dan Alkitab memang menjelaskan bahwa Kain adalah seorang yang jahat, yang segala perbuatannya jahat. 1 Yohanes 3:12
Padahal Tuhan adalah pribadi yang menghendaki penyembah yang benar. Dan itulah yang disampaikan Tuhan Yesus pada pada murid-murid Nya.

Yohanes 4:23, "Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran;..."

Penyembah yang benar pasti akan mendasari penyembahannya dengan hati dan prilaku yang benar.
penulis: Yohanes Prima

Share on Google Plus

About Yedija Prima

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment